Mr. and Mrs. Single Fighter

Mr. and Mrs. Single Fighter

Setiap orang yang berkecimpung di sebuah organisasi pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Single Fighter. Single Fighter dalam terjemahan Inggris-Indonesia mempunyai arti “Pejuang Tunggal” yakni seseorang yang mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah dengan sendiri nya tanpa bantuan orang lain.

Orang yang mempunyai karakter Single Fighter kebanyakan adalah orang yang susah beradaptasi atau susah berbaur, orang yang tidak bisa terbuka (tertutup), orang yang tidak terbiasa menunda-nunda pekerjaan, orang yang terbiasa mandiri, orang yang susah mempercayakan sesuatu kepada orang lain. Alasan yang biasa ditemui mengapa mereka seperti ini adalah ketika rekan kerja tidak mau bekerjasama/lari dari tanggungjawab, ketika orang tersebut merasa enggan merepotkan orang lain, bisa juga orang tersebut ingin terlihat nomer 1 diantara yang lain.

Tidak bisa dihindari bahwa ketika bergabung di sebuah organisasi akan berinteraksi dengan banyak orang dengan karakter dan sifat yang berbeda beda. Sikap saling memahami, saling menghargai, tidak menjatuhkan dan mau di beri masukan memang sangat perlukan. Perbedaan karakter dan sifat inilah yang justru dapat saling melengkapi satu sama lain sehingga kerjasama dalam mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah akan terbentuk, karena kerjasama adalah salah satu kunci keharmonisan sebuah organisasi, menyelesaikan masalah atau bekerja sendiri bukan jalan keluarnya, baiknya saling membantu dan tolong menolong.

Sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam Q.S. Al maidah (5) : 2 berikut,
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Artinya :
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat amat berat siksa-Nya” (Al maidah (5) : 2)

Ayat diatas menjelaskan bahwa kita di perintahkan untuk saling tolong-menolong dalam hal kebaikan, kebaikan dalam banyak hal termasuk tolong menolong dalam mengerjakan job desk di sebuah organisasi misalnya. Ketika ada seseorang yang mempunyai karakter Single Fighter, biasanya orang-orang disekitar dengan sendirinya pasti akan menyadari. Jika orang disekitarnya nya peka maka akan mengingatkan untuk jangan mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah sendirian atau terkadang malah langsung menawarkan diri untuk membantunya.

Terakhir, Single Fighter tidak selalu negatif yang terpenting adalah KEPEKAAN.
Tulisan ini saya kira penting untuk dibaca oleh teman teman untuk belajar PEKA, PEDULI terhadap lingkungan di sekitar. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama berorganisasi, bila teman teman ada kritik dan saran silahkan tulis dikolom komentar tulisan ini.

Oleh : Immawati Farikh

#IMMFKIKUMY

#Siap_Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *