JERAWAT ?

Hampir semua orang pernah merasakan risihnya wajah berjerawat, apalagi pas lagi meradang.. Jerawat yang banyak seringkali menyebakan penderita merasa minder dan tidak percaya diri. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat terkemuka di dunia mengatakan bahwa tak satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa semua orang akan mengalami kondisi dimana pori pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan nanah yang meradang, yang biasa kita sebut dengan jerawat. Maka tak heran jerawat seringkali sakit dan memerah karena di sana terdapat proses peradangan. Jerawat /acne vulgaris ini biasanya ditandai  dengan komedo, papul, pustule, nodul, dan kista pada tempat predileksinya, seperti : wajah, bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Selain itu bias terdapat pada leher, lengan atas dan bokong.  Berikut beberapa factor yang dapat menimbulkan jerawat :

  1. Peningkatan produksi minyak pada kulit
  2. Peningkatan jumlah bakteri, seperti Propionibacteriium acne, yang berperan dalam proses peradangan.
  3. Peningkatan produksi hormone androgen, anabolic, kortikosteroid, gonadotropin, dan ACTH yang berpengaruh dalam aktivitas kelenjar minyak. Hormone hormone ini yang sering meningkat ketika usia pubertas.
  4. Faktor Stress psikis, karena factor ini maka tak jarang ketika seseorang sedang mengalami banyak tekanan, dan menyebabkan stress dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat.
  5. Faktor lainnya : usia, ras, family, makanan dan cuaca

For your information jerawat ada grading/ tingkatannya:

  • Ringan :
  1. Jumlah komedo : <20                atau
  2. Jerawat yang meradang : <15                atau
  3. Jumlah total komedo dan jerawat meradang :<30
  • Sedang
  1. Jumlah komedo : 20 -100          atau
  2. Jumlah jerawa yang meradang : 15 – 50          atau
  3. Jumlah total komedo dan jerawat meradang: 30 – 125
  • Berat
  1. Jumlah komedo : >100  atau kista >5
  2. Jumlah jerawat yang meradang : >50                atau
  3. Jumlah total komedo dan jerawat meradang : >125

Setelah tahu grading jerawat, berikut ada beberapa tindakan dan cara perawatan jerawat :

  1. Cuci kulit wajah 3 kali sehari dengan sabun pH Balance

Mencuci wajah berguna untuk  meminimalisir berkembangnya bakteri pada kulit wajah dan juga untuk senantiasa menjaga kebersihan wajah, karena dibanding kulit yang lain, kulit wjah adalah kulit yang paling sering terpapar berbagai produk kecantikan.

  1. Kurangi makanan berlemak dan pedas

Makanan yang berlemak dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit yang dapat menyebabkan peradangan. Makanan yang pedas dapat menyebabkan sendsai panas dan sering kali menyebabkan keringat berlebih yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.

  1. Kurangi pemakaian bedak padat dan foundation/ alas bedak

Untuk kulit yang berjerawat lebih baik dianjurkan untuk menggunakan bedak tabur sebagai ganti pemakaian bedak padat, karena bedak tabur memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga pori pori kulit lebih bebas.

  1. Ekstrasi/ pengeluaran komedo

Ekstrasi ini harus dilakukan pada komedo hitam (terbuka) dan komedo putih ( tertutup), untuk jerawat yang meradang dapat diberikan injeksi triamnisolon acetonide intralesi.

  1. Perawatan chemical peeling superfisial dengan menggunakan glycolic acid 20-70% selama 2-3 menit setiap bulan

 

NB : untuk jerawat dengan grade sedang sampai berat dianjurkan untuk dirujuk kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Merawat karunia segala karunia yang telah Allah berikan merupakan kewajiban kita, kulit juga merupakan amanah yang Dia berikan. jika bukan kita sendiri lalu siapa lagi ? Jika bukan sekarang kapan lagi?

 

Source : Kapita Selekta Kedokteran Edisi IV Jilid I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *